Visi dan misi Suatu organisasi harus selalu
mengembangkan langkahnya dalam bisnis, sehingga tidak akan hilang dalam
kompetisi bisnis global. Salah satunya
yang penting dalam organisasi adalah visi dan misi suatu organisasi, dari sini
akan ditentukan langkah-langkah dan target yang hendak dicapai suatu
organisasi.
Visidan misi merupakan suatu kristalisasi pemahaman orang mengenai
tujuan bisnis yang sedang dikerjakan, yang dimulai dengan pertanyaan:
Bisnis apa yang sedang dikerjakan, apa tujuan bisnis yang sedang
dikerjakan selain laba, misi apa yang ingin dicapai dengan melaksanakan bisnis
tersebut?
Visi berasal dari kata vision
yang berarti impian atau pandangan yang dimiliki oleh pendiri organisasi
tersebut. Visi memiliki tujuan
jangka panjang, sehinggaa memiliki
rencana-rencana jangka panjang yang akan dituju oleh organisasi. Visi berbeda dengan misi, di mana visi
merupakan hal yang lebih abstrak,seperti impian yang setinggi mungkin, namun
tetap berusaha diraih. Contoh visi
adalah seperti mencapai kemakmuran dan kesuksesan organisasi.
Misi lebih pada perencanaan jangka
pendek, seperti menaikkan investasi dalam organisasi. Misi merupakan hal mutlak diperlukan agar
seluruh anggota organisasi mengetahui arah dan tujuan yang akan dicapai.
Visi dan misi sangat penting dalam
organisasi, terutama dalam pengambilan strategi dan pengembangan apakah yang
hendak dicapai oleh organisasi, misalnya pengembangan orgnasiasi, yang tadinya
hanya memproduksi satu buah produk, hingga menjadi beberapa produk. Dapat dilihat dalam perusahaan Apple, yang
tidak hanya memproduksi telepon genggam dengan I phone nya, tapi merambah ke
berbagai industry, seperti music dengan I Tunes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar