Entri yang Diunggulkan

Tata cara dan aturan import dan ekspor barang

I. KEDATANGAN BARANG IMPOR 1. Kedatangan Sarana Pengangkut A. Sebelum Kedatangan Sarana Pengangkut Kewajiban Pengangkut : 1. Pengangk...

Minggu, 15 Januari 2017

ANALISIS KASUS BISNIS


ANALISIS KASUS BISNIS
 
Analisis kasus memiliki fungsi untuk membantu menjembatani kesenjangan pembelajaran antara teori dengan praktik manajemen. Mata kuliah ini berisi tentang analisis kasus bisnis yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan, mempertajam, dan menguji keterampilan analisis dalam bidang manajemen. Dengan membaca suatu kasus bisnis, Anda diharapkan dapat memahami suatu kondisi organisasi atau perusahaan secara terintegrasi dalam berbagai sudut pandang. Selain itu, kasus juga mengungkap kondisi-kondisi yang mungkin dihadapi oleh beragam jenis dan ukuran organisasi dalam berbagai industri dan lingkungan.     

Untuk menganalisis suatu kasus, pertama-tama yang perlu dipahami adalah dasar teori yang menjadi permasalahan di setiap bidang manajemen. Adapun langkah-langkah ringkas dalam melakukan analisis kasus adalah sebagai berikut.
1.   Membaca Kasus secara Singkat
Mulailah analisis kasus dengan membacanya secara cepat. Tujuan membaca cepat ini adalah Anda dapat dengan cepat memahami garis besar kondisi yang terjadi di sebuah perusahaan, masalah-masalah yang ada, lingkungan, serta beragam keputusan yang mungkin dapat diambil.

2.   Mengenali Permasalahan yang Muncul
Setelah membaca cepat maka mulailah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan apa saja yang ditanyakan menyangkut manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan.


3.   Menganalisis Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teori yang Relevan
Setelah Anda memahami permasalahan-permasalahan apa saja yang muncul maka langkah selanjutnya adalah mengaitkan permasalahan tersebut dengan teori yang relevan agar dapat dibuat satu pemecahan masalah yang relevan pula.

4.   Memberi Solusi atau Pemecahan Masalah
Berdasarkan teori yang relevan maka langkah terakhir adalah memberi solusi atau pemecahan masalah berupa keputusan apa yang sebaiknya diambil perusahaan agar dapat diperoleh hasil yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar