ANALISIS KASUS BISNIS
Analisis kasus memiliki
fungsi untuk membantu menjembatani kesenjangan pembelajaran antara teori dengan
praktik manajemen. Mata kuliah ini berisi tentang analisis kasus bisnis yang memberi
kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan, mempertajam, dan menguji
keterampilan analisis dalam bidang manajemen. Dengan membaca suatu kasus
bisnis, Anda diharapkan dapat memahami suatu kondisi organisasi atau perusahaan
secara terintegrasi dalam berbagai sudut pandang. Selain itu, kasus juga
mengungkap kondisi-kondisi yang mungkin dihadapi oleh beragam jenis dan ukuran
organisasi dalam berbagai industri dan lingkungan.
Untuk menganalisis suatu
kasus, pertama-tama yang perlu dipahami adalah dasar teori yang menjadi
permasalahan di setiap bidang manajemen. Adapun langkah-langkah ringkas dalam
melakukan analisis kasus adalah sebagai berikut.
1. Membaca Kasus secara Singkat
Mulailah analisis kasus
dengan membacanya secara cepat. Tujuan membaca cepat ini adalah Anda dapat
dengan cepat memahami garis besar kondisi yang terjadi di sebuah perusahaan,
masalah-masalah yang ada, lingkungan, serta beragam keputusan yang mungkin
dapat diambil.
2. Mengenali Permasalahan yang Muncul
Setelah membaca cepat maka
mulailah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan apa saja yang ditanyakan
menyangkut manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya
manusia, dan manajemen keuangan.
3. Menganalisis Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teori yang Relevan
Setelah Anda memahami
permasalahan-permasalahan apa saja yang muncul maka langkah selanjutnya adalah
mengaitkan permasalahan tersebut dengan teori yang relevan agar dapat dibuat
satu pemecahan masalah yang relevan pula.
4. Memberi Solusi atau Pemecahan Masalah
Berdasarkan teori yang
relevan maka langkah terakhir adalah memberi solusi atau pemecahan masalah
berupa keputusan apa yang sebaiknya diambil perusahaan agar dapat diperoleh
hasil yang optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar